Jumat, 16 Agustus 2013

MENYONGSONG PEMILU 2014

Suatu pemandangan yang kurang sedap tetapi mungkin telah menjadi bagian dari budaya kita, di setiap sudut dan tempat, di setiap jalan dan gang, di tiang-tiang listrik dan telepon, di pohon-pohon, di pagar-pagar dan tembok rumah, bergelantung ditiup angin terpampang wajah-wajah calon legislatif, baik calon legislatif tingkat kota/kabupaten, provinsi, maupun nasional. Yang menjadi pertanyaan se-efektif apakah kiat masif seperti ini sebagai sarana sosialisasi dan pembelajaran politik bagi masyarakat. Ataukah sekedar mejeng untuk mengatakan “inilah Aku calon wakil rakyat”. Ya, semua hanya dapat kita terima menjadi bagian budaya kita, meskipun membuat lingkungan menjadi agak terganggu, namun tentunya memberikan berkah bagi insan percetakan.

Memandang beratus-ratus wajah yang terpampang itu, saya jadi teringat dalam rangka Pemilihan Presiden yang lalu pernah mendapatkan setumpuk data hasil Pemilu 2009 untuk Kota Tangerang Selatan yang diberikan Abang saya, Bang Muslim Berlian seorang tokoh dan aktifis FKPPI, mantan anggota DPRD Kabupaten Tangerang untuk dilakukan tabulasi sehingga dapat memberikan gambaran tentang peta kekuatan partai politik berdasarkan hasil Pemilu 2009 di Kota Tangerang Selatan. Selanjutnya terbersit dalam pemikiran saya, bila data-data ini diolah dan disajikan dalam sebuah buku mungkin dapat memberikan informasi ataupun bahan dasar bagi para calon legislatif dalam menyusun strategi dan langkah politiknya. Kemudian dalam beberapa minggu belakangan ini saya coba fokuskan daya pikiran dan rasa untuk mewujudkan buku yang dimaksud, hingga akhirnya sebuah buku sejumlah 200 halaman yang isinya kombinasi tabulasi hasil Pemilu 2009 dan berbagai sumber informasi lainnya. Meskipun saya sadar masih banyak hal yang harus diperbaiki maupun ditambahkan missing data hasil Pemilu 2009 untuk tiap kelurahan pada dapil Tangerang Selatan 1, namun saya berharap dapat memberikan sedikit informasi yang semoga memberikan pencerahan bagi setiap calon legislatif untuk lebih smart dan scientist dalam berolah politiknya.

Bagian buku tersebut terdiri dari: Kata Pengantar; Daftar Isi; Daftar Gambar dan Tabel; Bab 1. Kota Tangerang Selatan (bab yang menjelaskan sejarah, geografi dan demografi Kota Tangerang Selatan sebagai pembuka dan pengantar buku); Bab 2. Peta Partai Politik (berisi informasi dan tabulasi hasil Pemilu 2009); Bab 3. Analisis Peta Kekuatan Parpol Di Tangerang Selatan (berisi sekilas landasan teori, analisis potensi suara, analisis peta kekuatan parpol menurut dapil, kecamatan dan kelurahan); Bab 4. Sekilas Pemilu 2014 (berisi informasi tentang sistem pemilu, parpol peserta Pemilu 2014, DCS DPRD Kota Tangerang Selatan, Data Agregat dan Kependudukan serta alokasi kursi DPRD); Bab 5. Analisis Calon Legislatif DPRD Kota Tangerang Selatan; Bab 6. Kesimpulan dan Strategi.

Beberapa bagian kecil dari buku tersebut telah diposting pada blog ini, semoga bermanfaat dan bagi yang tertarik silahkan kontak melalui blog ini untuk kontak lanjut. Terima kasih.

1 komentar:

  1. Ko nama2 diatas tidak sesuai dngn nama2 caleg dprd tangsel 2014 yg sys download d situs kpu yaa...

    BalasHapus